Kamis, 26 Mei 2011

a cup of tea for single mom...


membuka halaman demi halaman buku ini...
membaca satu demi satu cerita di dalam buku ini...

perih....

seperti memaksaku terbangun dari hayal dan mimpi...
kembali melihat "kenyataan" yang saat ini tengah kujalani...

aku terbuai dengan suatu kondisi yang baik dan indah...
karena aku dikelilingi keluarga dan sahabat yang menyayangiku dan malaikat kecilku...

tapi kembali aku tersentak...
aku terkejut...
ketika aku kembali dihadapkan pada kenyataan...
aku adalah seorang "single mother" sekarang...

cerita demi cerita yang kubaca....
seolah membuka satu per satu luka itu...
aku harus berjalan sendiri sampai waktu yang hanya Tuhan yang tahu....
mengingatkanku pada sosok2 yang telah menorehkan luka ini...
luka dalam yang menghujam di relung hatiku...
tidak hanya dihatiku...
tetapi dihati malaikat kecilku...
dan juga dihati orang tuaku...

tak dapat kubendung air mata yang mengalir sampai pada halaman terakhir buku ini...

tapi rasa syukurku kepada Allah Sang Pemilik Kehidupan ini...
aku tak sendiri...
banyak perempuan bernasib sama sepertiku...
bahkan jauh lebih buruk dariku...

permasalahan yang sama... rasa takut yang sama...
berjalan dalam kegamangan...
hanya memasrahkan diri pada Sang Khalik...
percaya hanya kepada kekuatan doa...
banting tulang menghadapi permasalahan ekonomi...
ketakutan akan "cinta" yang kembali berakhir duka...
ketidak nyamanan berstatus sebagai "single mother"...
mencoba tetap tersenyum dalam kegetiran yang tengah dijalani...
terus berusaha berdamai dengan hati ditengah rasa sepi...
menguatkan tangan untuk merangkul malaikat kecil kami...
menguatkan kaki terus melangkah meski tertatih...
mengalirkan air mata ditengah malam disaat semua orang tengah terlelap dalam mimpi...
melalui malam-malam panjang dalam doa...
berusaha tegar ditengah kerapuhan hati...
berusaha memaafkan mantan suami meski hati membenci...

bukan hanya aku yang mengalami ini...
banyak perempuan diluar sana yang mengalami hal serupa dalam menjalani peran sebagai "single mother"...

tapi sebuah kekuatan besar yang menguatkan kami para "single mother" dalam menjalani hidup adalah cintaNya yang Ia hadirkan melalui "malaikat kecil" kami....


aku ingin akhir yang bahagia...
namun sekarang aku belajar...
bahwa terkadang puisi tak berirama...
dan beberapa cerita tak memiliki awal...
tengah, dan akhir yang jelas...
hidup adalah tentang mengetahui...
keinginan untuk berubah, memanfaatkan waktu...
dan menggunakan dengan sebail-baiknya...
tanpa pernah tahu apa yang akan terjadi nanti...
( Gilda Radner )

ya Allah... thank u as You guide me to find this book...
i realized that i'm not the only one single mother in this world...
and i'm sure this is my greatest lesson of life that You've given to me to be a strong single mother....
insyaAllah... maybe this is the way to find Your Heaven...
please don't leave me alone....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar